Mengenang Sumpeno Putro

Gunung Kidul - Mantan Ketua MPR Amien Rais menilai almarhum Sumpeno Putro Bupati Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang meninggal ketika baru menjabat 99 hari sebagai kepala daerah, merupakan intelektual yang peduli rakyat. "Almarhum adalah pemimpin sekaligus intelektual yang mengedepankan rasionalitas, dan memiliki komitmen kuat untuk memperbaiki nasib rakyat dengan ilmu yang dimilikinya," katanya saat melayat almarhum Sumpeno Putro, di Wonosari, Gunung Kidul, Kamis.
Bupati ke-25 Gunung Kidul itu, meninggal dunia dalam usia 63 saat berada di Jakarta, Rabu malam, setelah mengikuti pendidikan dan pelatihan reorientasi kepala daerah baru yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri di Pontianak, Kalimantan Barat. Menurut Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Kidul Aziz Shaleh, Sumpeno Putro meninggal dunia kata dokter karena kelelahan dan serangan jantung.
Amien Rais yang kenal dan dekat dengan almarhum sejak lama ketika sama-sama masih mengajar di Universitas Gadjah Mada (UGM) itu, juga menilai dedikasi Prof Dr Ir H Sumpeno Putro MSc selama menjadi dosen maupun ketika sudah menjabat bupati tidak perlu diragukan. "Almarhum telah mendedikasikan hidupnya untuk bangsa Indonesia dengan kemampuan intelektualnya," katanya. 

No comments:

Post a Comment